Monday, September 08, 2008

PENERAPAN SOFTWARE TEXT TO SPEECH DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH SPEAKING

Dalam silabus mata kuliah speaking Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2007 disebutkan bahwa :
“Speaking is one of important skills of English that must be acquired by the students of English Education Department, Faculty of Language and Arts, Yogyakarta State University. The acquisition of this skill will enable students to actively engage in oral communication during and upon their completion of their study. In order to acquire this skill, each student must attend 4 speaking courses (Speaking I – IV for English Education Study Program) and 5 speaking courses (Speaking I – V for English Letters Study Program). Each course offers different levels of complexities of speaking competencies, each of which mounts from casual and daily to sophisticated English language use.”

Dalam silabus tersebut dikatakan bahwa mata kuliah speaking terdiri dari empat level untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, dan lima level untuk Program Studi Sastra Inggris. Level satu mata kuliah speaking pada kedua program studi ini sangat berpengaruh terhadap mata kuliah speaking pada level-level selanjutnya.

Permasalahan yang ada adalah, mahasiswa mata kuliah speaking level I sangat sering membuat kesalahan dalam mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris dengan benar. Meskipun kriteria penilaian (Assessment Criteria) pada mata kuliah speaking I hanya terdiri atas Confidence, Fluency, dan Appropriateness dari peserta kuliah, tetapi kesalahan-kesalahan tersebut harus segera ada umpan balik (feed back) untuk menunjukkan letak kesalahan tersebut.

Banyak faktor yang membuat mereka sering membuat kesalahan pengucapan. Pertama, mahasiswa semester I belum menguasai simbol-simbol fonetis yang digunakan di kamus. Padahal kamus merupakan sumber yang akurat untuk mengecek ketepatan pengucapan kata. Faktor penyebab lain adalah dalam kegiatan berbicara mahasiswa sering kali tidak memiliki waktu cukup untuk melihat pengucapan suatu kata di dalam kamus. Namun, kadang-kadang mahasiswa juga sering kali malas untuk setiap kali membuka kamus untuk mengecek bagaimana suatu kata harus diucapkan. Hal terburuk yang sering terjadi adalah mahasiswa tidak memiliki kamus. Kalaupun mereka memilikinya, kamus tersebut bukanlah kamus yang baik dan lengkap.

Model yang sekarang ada dalam pembelajaran speaking adalah, mahasiswa diberi situasi , lalu mereka latihan berbicara berdasarkan situasi yang diberikan. Pada saat mahasiswa berbicara, Dosen diharapkan tidak menginterupsi pembicaraan mahasiswa walaupun terdapat banyak kesalahan pengucapan kata. Karena bila hal tersebut dilakukan, maka dikhawatirkan motivasi dan keberanian mahasiswa untuk berbicara menurun atau bahkan hilang. Dosen hanya dapat memberikan feedback setelah aktivitas berbicara berakhir.

Kekurangan dari model ini adalah Feedback dari dosen tidak dapat mencakup semua kesalahan yang dibuat mahasiswa. Karena tujuan utama pembelajaran Speaking I adalah membangun keberanian dan kepercayaan diri mahasiswa untuk berbicara. Apabila dosen terlalu sering menunjukkan kesalahan mahasiswa, dikhawatirkan mereka tidak akan berani berbicara karena takut membuat kesalahan.

Perkembangan Komputer dan Teknologi Informasi sebenarnya dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan dan kekurangan pada pembelajaran speaking I di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Saat ini telah berkembang sebuah perangkat lunak (software) dengan nama Text to Speech produk dari Natural Software Reader. , yaitu sebuah program yang dapat digunakan untuk memperdengarkan pengucapan kata-kata yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Dengan melihat fasiltas-fasilitas yang ada pada softwareText to Speech dimungkinkan software ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah speaking I Bahasa Inggris.

Dengan menggunaan software Text to Speech diharapkan mahasiswa dapat secara mandiri mengatasi kesulitan pengucapan kata-kata Bahasa Inggris dengan mendengarkan pengucapan kata-kata yang mereka ketik sebelumnya sesuai dengan situasi yang diberikan oleh Dosen, dan menirukan kembali pengucapan tersebut tanpa harus malu dan kehilangan percaya diri.

2 comments:

Anonymous said...

salam dari makassar

minta informasi untuk mendapatkan software installnya mas.
thank a lot

thahi_teaching@yahoo.com

mashoedah said...

text to speech natural reader. ada versi demonya.

mashoedah